Cara Mudah Custom Domain Blog Blogspot Secara Gratis


Mempunyai blog custom domain itu lebih banyak untungnya dari pada blog gratisan yang ada embel-embel blogspot.com atau wordpress.com. Seperti blog saya ini, semenjak saya custom domain blog ini, ada beberapa tawaran kerja sama dari pihak pengilklan untuk blog saya.

Coba disaat masih blog gratisan, tidak ada pihak pengiklan yang mau melirik blog saya.

Blog custom domain selain lebih dihargai di mata mesin pencari karena dianggap lebih relevan dan profesional. Juga blog custom domain katanya (kata teman-teman si komunitas blogger) lebih mudah mendapat persetujuan adsense dari pada blog gratisan.

Namun sebagian blogger apalagi yang masih sekolah tentu masih keberatan tentang biaya custom domain itu sendiri. Meskipun menurut saya fee pertahunnya tidaklah mahal kalau hanya untuk beli domain, namun tidak untuk sebagian blogger lainnya.

Tentu akan banyak pertimbangan bagi mereka, entah itu keraguan apakah masih bisa konsisten untuk setahun kedepan atau hal lainnya.

Tapi tak perlu khawatir, ada kok custom domain gratis yang cocok untuk kalian yang masih ragu untuk membeli domain sendiri. Meskipun kita tidak bisa memilih akhiran domainnya seperti dot com atau dot id atau yang lainnya. Setidaknya kita bisa mendapatkan domain gratis selama setahun dari Freenom.

Cara Membuat Domain Domain Gratis Di Freenom

Untuk membuat domain gratis di freenom sangat mudah dengan mengunjungi freenom.com

Freenom adalah salah satu penyedia domain gratis, dikatakan gratis juga hanya berlaku untuk satu tahun pertama. juga freenom hanya menyediakan domain gratis untuk domain yang berakhiran .tk (untuk code country Tokelau New zealand) .cf (untuk code country Afrika Tengah) .ml (untuk wilayah negara Mali) .ga (untuk wilayah Gabon) dan .gq (untuk wilayah Guinea Khatulistiwa).

Jadi selain memilih ke lima domain tersebut, kita akan kena biaya domain sejak awal dengan variasi harga yang beragam.

Di halaman depan freenom, masukan nama domain yang ingin didaftarkan, terus klik Check Ketersediaan.

Cara Mudah Custom Domain Blog Blogspot Secara Gratis


Setelah itu akan tampil nama domain gratisnya (.tk .cf .ml .ga dan .gq). Kita tinggal pilih yang kita suka misalnya .cf atau .tk, setelah itu pilih dapatkan segera.

Tampilan selanjutnya kita bisa memilih mengunakan domain ini berapa lama? Maksimal 12 bulan untuk masa FREE nya. pilih 12 Months @ FREE, terus klik Continue.

Cara Mudah Custom Domain Blog Blogspot Secara Gratis


Setelah itu masuk di halaman Shopping Cart Freenom, kita isikan data yang dibutuhkan seperti nama, alamat dan email, terus klik Verify My Email Address.

Buka email, cek pesan dari freenom, terus klik link verifikasi-nya. Dengan begitu kita sudah mempunyai domain gratis dari freenom selama setahun.

Cara Setting Custom Domain Gratis di Freenom

Hal yang diperlukan adalah kalian harus mempunyai blog gratisan terlebih dahulu, saya sarankan mengunakan platform blogger, kalau mengunakan wordpress, kalian akan kena fee untuk redirect wordpress.

Login dashboard blogger, pilih setting kemudian sorot pada Publishing. Pilih “+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda”. Maka kalian akan mendapati kolom untuk memasukkan nama domain pihak ke-3.

Isi dengan nama domain yang sebelumnya sudah didaftarkan di freenom. Setelah itu akan ada pesan error dan terdapat setelah nama CNAME yang digunakan untuk menverifikasi kepemilikan domain. Catat kedua CNAME tersebut.

Cara Mudah Custom Domain Blog Blogspot Secara Gratis

Selanjutnya kita kembali login ke client area freenom, pilih service=> my domain. Kemudian pada nama domain, pilih “Manage domain” untuk edit DNS servernya yang terletak di tab “Manage freenom DNS”.

Masukkan kode CNAME yang kita dapat di settingan blogger seperti gambar di bawah ini.

Cara Mudah Custom Domain Blog Blogspot Secara Gratis

Setelah itu pilih save pengaturan tersebut. Kita kembali pada settingan blogger, jika setting DNS kita sudah benar, maka blog kita akan di redirect ke nama domain yang baru. Selesai deh

Jika masih mengalami kendala, tunggu beberapa saat, karena terkadang verifikasi pemilikan ini butuh waktu. Dulu saya pernah hampir 2 jam, hingga akhirnya berhasil

***

Begitulah tutorial singkat bagi kalian yang ingin mencoba domain gratis dari freenom. Semoga bermanfaat


Cara Mudah Custom Domain Blog Blogspot Secara Gratis