Dapatkan Penghasilan Tambahan Menjadi Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dari Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki

Mencari pekerjaan yang pasti memang tidaklah mudah dizaman sekarang, lulusan baru semakin banyak tiap tahunnya, namun tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Banyak lulusan baru yang harus menganggur beberapa bulan bahkan sampai tahunan.

Namun mencari rezeki tidak selalu harus dengan bekerja di perusahaan sebagai karyawan kan? Misal jadi pengusaha kecil, membuka toko, membuka jasa permak jeans dan lain sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut, kita masih butuh modal untuk menjadi seorang wirausaha.

Bagaimana kalau tidak memiliki modal?

Tenang, ada kok cara mendapatkan rezeki meskipun tidak ada modal untuk menjadi wirasusaha, contohnya menjadi Reseller suatu produk. Menjadi reseller tidak membutuhkan biaya, kita ambil barang dari orang lain, dan dijual dengan harga yang lebih tinggi ke pembeli. Setelah dapat pembayaran dari pembeli, kita tranfer ke tempat kita mengambil barang. Tanpa modal namun masih dapat untung.

Selain jadi reseller, kita bisa mencoba hal baru yakni menjadi Freelancer.

Apa itu Freelancer?

Freelancer sendiri kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti pekerja lepas. Intinya kita menjadi pekerja lepas yang dapat mengerjakan suatu pekerjaan dan kita akan mendapat bayaran setelah menyelesaikan pekerjaan yang diminta.

Kita tidak membutuhkan biaya apapun untuk mendaftar jadi freelance, yang paling penting adalah konektifitas internet yang memadai. Enaknya jadi freelancer itu semua pekerjaan bisa dilakukan dirumah atau dimanapun kita berada, selama ada konektifitas internet dan kita sanggup mengerjakan setiap pekerjaan, kita bisa meraup penghasilan sebanyak-banyaknya.

Saya tidak memiliki kemampuan atau skill?

Bagaimana kita bisa maju kalau belum mencoba sudah menyerah duluan. Kita harus menyakinkan diri sendiri bahwa kemampuan tidak bergantung pada bakat, tapi kemauan keras dan terus belajar akan melebihi seorang yang memiliki bakat sekalipun.

Skill memang diperlukan agar kita mendapat banyak penawaran mengerjakan proyek, namun tanpa skillpun kita tetap bisa mendapatkan pekerjaan kok. Karena pekerjaan di Freelancer tidak selalu yang membutuhkan skill tinggi, semacam mengerti PHP, Corel draw, illustrator, HTML, dan skill tinggi lainnya.

Berikut saya jelaskan pekerjaan macam apa saja yang ada di freelancer :

Berbagai Macam Jenis Job di Freelancer


Dapatkan Penghasilan Tambahan Dari Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki

#1. Multimedia Skill

Yang paling sering saya jumpai selama jadi freelancer adalah permintaan job yang membutuhkan multimedia skill, seperti pembuatan logo, konten grafik di instagram, Desain rumah atau bangunan, pembuatan video animasi dan sebagainya.

#2. Programer

Job ini dikhusukan bagi yang memiliki skill dalam membuat game android, menguasai desktop program seperti turbo pascal, C++, menguasai server ataupun microtic controller.

#3. Website Maintenance

Bagi yang ahli Blogging bisa ikut andil dalam job ini, biasanya permintaan tentang job ini berhubungan dengan Maintenance website, menaikkan traffick, ataupun Optimalisasi SEO. Tentu untuk pekerjaan ini kita wajib paham yang namanya Script kode HTML, PHP, Jquery dan SEO.

#4. Penulisan Project

Nah untuk job ini cocok bagi seorang penulis maupun seorang author blogger. Karena pekerjaannya berhubungan dengan penulisan artikel untuk blog, untuk website berita ataupun untuk laporan mahasiswa brupa penelitian maupun text pidato.

#5. Penerjemah

Jika kita memiliki skill berbahasa inggris yang baik dan benar, job penerjemah atau translate merupakan job yang cocok bagi kita. Cukup banyak permintaan job tentang pembuatan artikel dengan memakai bahasa inggris, ada juga yang menterjemahkan artikel blog luar dan ditulis ulang menjadi artikel berbahasa indonesia.

#6. Social Media

Biarpun kita tidak memiliki skill mumpuni seperti design grafik ataupun menulis artikel, memiliki akun media sosial yang banyak pengikutnya juga bisa ambil bagian di job freelance ini. Ada job tentang pemasaran produk melalui social media dengan syarat followernya harus seuai standart permintaan.

#7. Entry Data

Entry data umumnya berhubungan dengan excell, namun ada juga pekerjaan entry data dengan memasukkan diskripsi produk di sebuah tokoh online ternama. Atau pekerjaan mencari data produk beserta daftar harga yang ada di sebuah online shop.

#8. Riview

Pekerjaan riview biasanya penawaran tersebut berkaitan dengan penawaran riview produk yang diberikan pada freelance yang memiliki blog. Tugasnya semacam memberikan artikel tentang riview produk atau jasa yang disertai backlink placement untuk penyelesaian jobnya.

Namun ada juga job yang relatif lebih mudah, seperti mengisi riview produk yang ada di online shop maupun menulis sebuah testimoni tentang produk tersebut.

     Baca juga : Pekerjaan sampingan yang cocok untuk ibu zaman now

Bagaimana Cara Mendapatkan dan Memenangkan Job di Freelancer

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dari Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki

Tentu kita menyadari bahwa tidak hanya kita sendiri yang berminat dengan penawaran job tersebut. Melainkan ada puluhan bahkan ratusan freelancer yang juga sama menginginkan job tersebut. Dengan demikian, karena banyaknya persaingan dalam memenangkan project, maka hal tersebut menyurutkan niat kita untuk menawar. Karena kita berfikir kemenangan project itu relatif kecil.

Padahal tidak demikian, bisa jadi kerumitan dan persaingan itu menjadikan kita sebagai pemenangnya.

Ada beberapa tips untuk kita sebagai freelancer baru agar memenangkan persaingan dan mengambil project untuk kita kerjakan. Tips tersebut antara lain :

#1. Lengkapi Profil Kita

Melengkapi profil berarti memberikan informasi penting yang diperlukan oleh owner job dalam menyeleksi calon worker yang akan direkrutnya. Dengan melengkapi data-data tentang kelengkapan profil seperti keahlihan, pengalaman, portfolio, dan pendidikan, akan meminimalisir perasaan negatif bagi owner tentang diri kita.

#2. Memilih Dan Memilah Job

Alur mendapat pekerjaan di freelancer, pertama-tama kita harus mengajukan sebuah penawaran pada job tersebut. Usahakan kita memilih job yang sesuai dengan kemampuan kita. Jangan nekat untuk melakukan penawaran kalau kita tidak memiliki skill untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Karena jika kita diterima, namun kita tidak bisa mengerjakannya, secara otomatis akan mempengaruhi rate kita sebagai freelancer.

Sebagai freelancer baru, jangan targetkan mengerjakan job dengan bayaran yang besar. Karena umunya job dengan bayaran besar akan melihat dari rate freelancer serta pengalaman freelancer dalam menangani setaip job. Freelancer yang baik tentu memiliki rating yang bagus, dari penilaian rate job juga data minimnya arbitase (arbitase adalah sengketa kedua pihak, karena worker tidak sesuai dengan syarat dalam pengerjaannya)

Lebih baik cari pekerjaan yang mudah dengan bayaran yang murah untuk memperbaiki rate kita sebagai freelancer.

#3. Sopan Dalam Mengajukan Penawaran

Dalam melakukan penawaran alangkah baiknya kita mengajukan dengan sopan agar owner bisa mempertimbangkan kita untuk mengerjakan job. Caranya dengan memperkenalkan diri kita sendiri, kemudia menceritakan kemampuan kita yang berkaitan dengan job ini.

Kita harus sabar, karena tidak semua owner membalas pesan kita dengan cepat. Meskipun begitu, jika owner membalas penawaran kita, maka kita harus cepat-cepat untuk membalasnya. Ini ditujukan agar owner merasa bahwa kita sebagai freelancer memiliki etika dan keseriusan dalam mengerjakan job tersebut.

#4. Mengerjakan Job Dengan Sungguh-sungguh

Setelah kita mendapat project job, kita sebagai freelancer harus selalu mendengarkan bimbingan dari owner dalam pengerjaan job project ini. Selalu laporkan hasil dari kerja kita tiap harinya, dan lakukan hal tesebut tidak melewati deadline yang sudah ditentukan.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengajukan penawaran pada job yang benar-benar kita mampu untuk mengerjakannya. Karena jika kita sudah terbiasa dalam mengerjakan job (misal menulis artikel) maka kita tidak akan susah untuk menyelesaikan sesuai arahan dan tidak melebihi deadline.

#5. Sering-seringlah Online

Worker yang sering online dan login di freelencer akan memiliki catatan penting berupa “Online hours”. Online hours ini akan berkaitan dengan opsi pemilihan calon worker, karena seringnya worker online menunjukkan keseriusan dan fleksibelitas worker dalam mengerjakan setiap pekerjaan yang dikerjakan. 

     Baca juga : Mendapat penghasilan tambahan dari job riview di Iblogmarket

Rekomendasi Penyedia Freelancer Online Terbaik di Indonesia

Sebenarnya ada banyak penyedia freelancer, namun kebanyakan kepunyaan orang luar negeri. Namun ada 2 penyedia freelancer dari Indonesia sendiri. Yaitu Project.co.id dan Sribulencer.com 

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dari Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki
Tampilan website Project.co.id

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dari Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki
Tampilan website Sribulencer.com
Saya terdaftar di kedua penyedia freelancer tersebut, banyak penawaran pekerjaan disana. Meskipun mendapatkan job tersebut tidaklah mudah diawal-awal mendaftar, namun dengan kesabaran, suatu saat kita akan memenangkan penawaran job.

Semoga bermanfaat



Dapatkan Penghasilan Tambahan Menjadi Freelancer Apapun Skill Yang Anda Miliki
  1. Infonya lengkap sekali. Cocok banget nih untuk aku yang lagi belajar dunia blog dan dunia freelancer. Terimakasih infonya. Salam kenal juga ya.

    ReplyDelete
  2. Aku juga sudah anggota di kedua situs tersebut cuman karena ga apdet jadi belum pernah dapat job

    ReplyDelete
  3. Lengkap Mba ulasannya, aku udh coba keduanya, tp job nulis rasanya blm ada yg dr sana datangnya. Tapi benar kata Mba, semua butuh waktu, asalnkitanya sabar hehe

    ReplyDelete
  4. Informasi yang menarik, saya juga pengen nyoba-nyoba buat jadi freelencer.
    Semoga ada yang cocok hehe

    salam kenal
    simatakodok.blogspot.co.id

    ReplyDelete