Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Muda Zaman Now

Terkadang kenyataan hidup tak sesuai dengan bayangan awal disaat kita masih muda dulu. Disaat awal menikah, saya dan suami sudah memutuskan untuk tetap sama-sama bekerja dan membagi tugas sebaik mungkin.

Tapi kenyataan disaat sudah memiliki anak, Saya harus memutuskan resign demi kebaikan anak. Awalnya saya kesulitan dengan kebiasaan bekerja tiap hari, tiba-tiba hanya berada di rumah seharian penuh. Bosan dan jenuh, itulah yang sering saya alami disaat awal-awal resign. Tapi Alhamdulillah, sekarang saya bersyukur atas keputusan tersebut.

Kebanyakan orang mengira bahwa menjadi seorang ibu rumah tangga berarti penghasilan keluarga otomatis bergantung dari gaji suami, kenyataannya memang seperti itu. Tapi perlu diketahui, menjadi Ibu rumah tangga bukan berarti membuat kita tidak produktif atau memiliki penghasilan sendiri. Di era digital seperti sekarang, justru peluang usaha yang dimiliki oleh Ibu rumah tangga lumayan terbuka lebar.

Yah ini adalah zaman now, dengan niat dan ketekunan, kita bisa mendapat penghasilan sendiri meski hanya diam dirumah. Mungkin memang sedikit mengada-ngada, tapi berawal dari hobi dan kesenangan, banyak ibu rumah tangga yang sukses meraih penghasilan besar dari hobi yang digelutinya.

Banyak pilihan pekerjaan sampingan yang dapat jalankan di rumah, tapi pastikan kita memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang kita miliki, karena hal ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari pekerjaan itu sendiri.

Berikut ini 7 pekerjaan sampingan yang cocok bagi kita sebagai ibu-ibu muda zaman now.

#1. Menghasilkan Kreasi Unik Untuk Dijual

kerajinan tangan sebagai penghasilan tambahan dirumah
Sumber gambar  : sumbercenel.com
Bisa menjahit, merajut atau punya pengalaman membuat kreasi dari kain flanel? Itu adalah modal yang besar untuk dijadikan peluang pekerjaan sampingan disela-sela kesibukan menjadi ibu rumah tangga. 

Yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah membuat dan mengembangkan kreasi kerajinan semenarik mungkin agar mempunyai nilai jual yang baik.

Bagaimana dengan pemasaran? Tenang! Di era digital seperti saat ini, pemasaran lebih mudah dengan mengunakan internet, juga kita bisa memanfaatkan moment seperti car free day atau event lain untuk menjual produk kita.

Yang terpenting adalah membuat kreasi kita mempunyai keunikan dan kualitas yang baik terlebih dahulu. Saya mempunyai teman yang mampu menghasilkan uang dari hobi memasak dan membuat kue. Pemasarannya juga dari promosi ke teman-temannya dan melalui media sosial.

#2. Menjual Produk Orang lain (Reseller)

Ini adalah pekerjaan yang bisa kita jalankan dengan cara instan tanpa membutuhkan barang atau produk kita sendiri. Kita cukup menjadi seorang reseller produk-produk yang bisa kita jual kembali melalui sosial media ataupun secara offline. Keuntunganya kita dapat dari setiap barang tersebut terjual

Jika kita memiliki jaringan sosial media yang luas, tidak ada salahnya kita mencoba bisnis ini. Karena yang kita butuhkan adalah sering memposting produk jualan, dan membalas komentar dan inbox peminat produk tersebut hingga ke proses pembayaran.

     Baca juga : Mendapat penghasilan tambahan dari job riview di Iblogmarket

#3. Menjadi Guru Les Privat

penghasilan tambahan dirumah dengan jadi guru les
Sumber gambar : twenty20.com
Terkadang kenyataan tak selalu sesuai dengan harapan di awal kita memutuskan berkarir. Saya sendiri juga tidak menjadi seorang guru meskipun saya sudah sarjana lulusan matematika. Jadi sangat disayangkan jika kemampuan dan pengalaman kita selama kuliah tidak dimanfaatkan dengan baik. 

Salah satu untuk memanfaatkan ilmu kita adalah dengan menjadi guru privat dirumah. Biasanya peluang ini berawal dari tawaran tetangga yang meminta kita untuk menjadi guru les anaknya.

Jika sudah mendapat peluang seperti itu, jangan disia-siakan begitu saja. Ambillah kesempatan tersebut, selain sebagai sedekah kita akan ilmu, juga menjadi penghasilan tambahan yang bisa kita dapatkan tanpa harus meninggalkan rumah.

#4. Menjadi Penulis Buku/Novel

Jika kita pernah kuliah jurusan sastra, suka membaca dan menyukai dunia tulis menulis, Cobalah untuk memanfaatkan kesukaan kita akan dunia tulis-menulis untuk jadi sebuah kesempatan penghasilan bagi kita.

Contohnya jika kita suka membuat cerita,puisi dan diksi, mungkin dengan membukukan kumpulan puisi dan diksi yang pernah kita buat atau kita sendiri membuat sebuah cerita novel dan mendapat royalti dari penjualan buku atau novel tersebut.

Semua itu memang butuh usaha yang besar, bahkan penulis ternama juga mendapatkan kegagalan terlebih dahulu sebelum jadi terkenal.

Kita bisa mulai menuliskan tentang pengalaman hidup maupun kehidupan kita sehari-hari. Kemudian merangkainya chapter demi chapter untuk menjadi sebuah buku. Cobahlah untuk menerbitkannya sebagai rasa bangga akan diri sendiri, bukan demi sebuah penghasilan. Karena Untuk dihargai orang lain, seharusnya kita sendiri yang bangga akan karya kita sendiri terlebih dahulu.

Kuncinya adalah tetap mengasah kecintaan kita dengan dunia tulis menulis dan tidak pernah lelah mencoba, InsyaAllah tidak ada usaha yang baik yang tidak menghasilkan kebaikan pula.

#5. Menjadi Seorang Blogger Profesional

Menjadi seorang blogger indonesia
Edit gambar dari IDNtimes.com
Selain menjadi penulis, menjadi seorang blogger juga membutuhkan keahlihan dalam tulis-menulis. Banyak penulis ternama berawal dari seorang blogger, seperti Raditya Dika yang diawal juga seorang blogger. 

Blogger saat ini tidak hanya berisi tentang diari maupun sekedar hobi nulis di internet, melainkan Blogger juga merupakan profesi yang menyenangkan untuk dijalani terutama yang hobi menulis.

Banyak blogger di Indonesia yang sudah menghasilkan banyak pundi-pundi uang, baik dari iklan maupun branding suatu produk. Dan peluang ini cukup bagus bagi kita ibu-ibu muda untuk mencoba menjadi seorang blogger, terutama yang suka menulis.

Kita bisa menuliskan kehidupan kita, pengalaman kita maupun trik dan tip seperti resep masakan atau keahlian yang kita miliki. Kuncinya adalah tetap konsisten dan keep writing.

#6. Menjadi Freelancer

Pernah mendengar istilah Freelancer tidak? Freelancer atau pekerja lepas merupakan cara terbaik bagi kita untuk mendapat pekerjaan sesuai kemampuan dan keahlihan kita.

Seperti kita hobi nulis, kita bisa mencoba mencari pekerjaan di web atau blog yang membutuhkan penulis konten. Jika kita bisa mendesign gambar atau editing video, kita juga bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keahlihan kita.

Salah satu media yang menjembatani antara pemberi job dan freelancer adalah Project.co.id. Dengan mendaftar di Projects.co.id kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlihan kita, serta mendapat penghasilan yang sesuai dengan job yang kita sudah sepakati.

     Baca juga : Dapatkan penghasilan tambahan menajdi freelancer apapun skill yang anda miliki

#7. Menjalankan Bisnis Trading

tip menjalankan bisnis trading indonesia
Sumber gambar : business.nasdaq.com
Sebenarnya istilah Trading sendiri sudah lama saya mendengarnya, tapi yang saya pahami trading itu semacam jual beli saham atau jual beli mata uang. Tapi kemarin saya dijelaskan dikit tentang Trading di koin digital atau yang sering disebut Cryptocurency. 

Kata teman saya, bisnis ini cukup menjanjikan, karena fluktulasi (naik-turun) nilai koin ini sangat signifikan. Bisa jadi sangat untung sekali, terkadang sangat rugi sekali, begitu katanya.

Di Indonesia sudah ada market yang menfasilitasi jual beli coin crypto ini. Bitcoin.co.id, Di web itu teman saya memulai bisnis ini dan hampir tiap hari dia mendapatkan untung dari jual beli koin ini.

Inti dari pekerjaan ini adalah dengan membeli nilai koin dengan harga yang murah, setelah itu menjual dengan harga yang lebih mahal dari harga beli. Disitulah nilai keuntungan dari bisnis ini.

Namun untuk memulai bisnis ini memang harus ada modal, semakin besar modalnya, keuntungannya juga semakin besar. Tapi tetap saja, butuh belajar dan jam terbang agar menjalankan bisnis ini tidak rugi.

**** 

Itu tadi 7 pekerjaan sampingan yang cocok bagi kita Ibu-ibu muda zaman now agar mendapatkan penghasilan sendiri meskipun hanya berada di rumah. Apapun pilihan kita, pastikan pekerjaan itu sesuai dengan bakat dan minat kita, agar kita senantiasa menjalaninya dengan senang hati. Siapa tahu yang awalnya hanya sekedar hobi menjadi pekerjaan yang menjadikan kita sukses.





Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Muda Zaman Now