Tidak Disangka Buah Ndeso Bernama Ciplukan Ini Kaya Manfaat Dengan Harganya Selangit

Bagi yang lahir di era 90-an pasti mengenal buah Ciplukan, Buah yang sering kita jumpai tumbuh liar di sawah atau perkebunan. Sejak kecil saya sering sekali memakan buah ciplukan ini saat bermain di sawah.

Kemarin disaat berkunjung kerumah kakak, disaat saya pergi kesawah untuk mencari daun bayam, saya menemukan beberapa buah ciplukan yang sudah matang. Saya pun memetiknya dan memakannya, rasanya enak serasa saya bernostalgia dengan masa lalu.

Iseng saya posting di facebook, saya kaget saat seorang teman berkomentar tentang harga ciplukan di supermarket berkisar 10ribu lebih. Tentu saya tidak percaya, masak buah yang bisa ditemukan dimana saja ini bisa mempunyai harga dipasaran.

Karena penasaran, saya cek di google dengan keyword “Harga Ciplukan”. Lebih kaget lagi disaat saya mendapatkan gambar yang menunjukkan bahwa 100 gram ciplukan di bandrol dengan 30ribu rupiah. Sungguh ini gila! 

Harga buah ciplukan cukup mahal
Sumber gambar malangtoday,net
Pernyataan gambar tersebut juga di benarkan saat saya membaca artikel jawapos edisi januari 2018 yang menyebutkan harga perkilo gramnya mencapai 100rb rupiah. Beruntunglah bagi yang terlahir di era 90-an bisa merasakan buah ciplukan ini dengan sepuas-puasnya dan gratis pula. 

     Baca juga : Cara mengobati mata minus dengan daun sirih

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Ciplukan yang mempunyai nama latin Physalis angulata L, Morel berry (Inggris), Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram), Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak), Leletokan (Minahasa) ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ciplukan yang katanya berasal dari Amerika (meskipun saya tidak yakin karena tumbuhan ini ada di mana-mana, jadi tidak adil kalau ditemukan di Amerika) mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh antara lain karbohidrat, lipid, mineral, dan vitamin (Sumber tirto.id). 

manfaat buah ciplukan
Sumber gambar obatherbalmedikal.com
Saya tahu bahwa dengan memakan buah ciplukan bisa menurunkan darah tinggi. Saya mengetahui hal ini dari bapak saya yang dulu sering memakan buah ini agar tekanan darahnya menurun. Dan memang karena buah ini serta atas izin Allah tentunya, penyakit darah tingginya jarang kambuh lagi.

Tapi setelah membaca artikel di tirto.id, Ciplukan dimanfaatkan oleh masyarakat amerika selatan sebagai obat penenang, depuratif (pembersih darah), anti-rematik, dan meredakan sakit telinga.

Sedangkan di Taiwan, ciplukan digunakan sebagai obat tradisional diabetes, hepatitis, asma, dan malaria. Tidak hanya buahnya saja, daunnya pun juga bisa digunakan sebagai obat. Seperti di pedesaan Peru yang menggunakan daun ciplukan untuk penyakit hati, malaria, dan hepatitis.

Dalam sebuah penelitian oleh Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) di Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, bahwa kandungan ciplukan dapat mengobati dari gangguan-gangguan yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengeringkan ciplukan dan mengekstraksinya dengan etanol 70 persen. Hasilnya, ekstrak ciplukan tersebut dapat menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara. Dengan kata lain extrak ciplukan merupakan salah satu alternatif untuk mengobati kanker payudara. 

     Baca juga : Manfaat dan cara menkomsumsi semut jepang

Wah tidak disangka sekali bahwa buah ciplukan yang dulunya adalah buah buangan yang terabaikan, kini justru menjadi BUAH AJAIB yang bisa jadi obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jadi wajar jika buah Ciplukan sekarang harganya jadi MAHAL.


Tidak Disangka Buah Ndeso Bernama Ciplukan Ini Kaya Manfaat Dengan Harganya Selangit