Thursday, 8 February 2018

Pentingnya Navigasi Blog Dan Navigasi yang Diperlukan Bagi Sebuah Blog

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Setelah artikel sebelumnya saya membahas tentang mendaftarkan blog ke Google Search Console, dan diakhir artikel saya ingin melanjutkan tentang bagaimana membuat halaman atau menu navigasi yang diperlukan pada suatu blog.

Navigasi Blog adalah bagian dari blog yang berupa tautan khusus yang diarahkan ke halaman lain dalam satu blog maupun mengarah kehalaman blog lain. Biasanya menu navigasi ini ditampilkan secara rapi di bagian atas dibawah header blog maupun diatas header. Seperti di blog ini, navigasi terletak di atas dan di bawah header.

Pentingnya Navigasi Blog Dan Navigasi yang Diperlukan Bagi Sebuah Blog

Menu Navigasi Blog merupakan elemen penting yang harus ada dalam blog, dikarenakan dapat membantu dan mempermudah pengunjung untuk menemukan halaman-halaman penting sesuai dengan pengakategorian artikel ataupun halaman lain diblog (bukan post artikel). Maka tak heran setiap pemilik blog selalu membuat navigasi di blog mereka.

Secara default pada saat awal membuat blog, menu navigasi pada blog tidak terdapat fitur-fitur yang menampilkan menu navigasi. Yang mungkin tampil dalam blog hannyalah halaman beranda saja.

Namun bagi Anda yang menggunakan tamplete hasil download, menu navigasi pada umunya sudah ada, tinggal merubah sesuai keinginan dan kebutuhan serta mensetting html agar navigasi tersebut mengarah ke halaman yang di inginkan.

Fungsi Navigasi Pada Blog

Seperti yang saya katakan diatas bahwa navigasi blog berfungsi untuk mempermudah pengunjung untuk menemukan halaman-halaman penting pada suatu blog, atau untuk mengkategorikan artikel sesuai label atau kategori.

Selain itu, dengan menu navigasi yang baik, membuat blog kita terlihat lebih profesional oleh pengunjung bahkan google pun akan menganggap blog kita baik. Jadi kalau menurut saya, Navigasi blog itu wajib ada pada suatu blog, bukan hanya karena terlihat profesional atau di anggap baik oleh google, tapi agar bisa memanjakan pengunjung yang tidak sengaja singgah di blog kita.

Ada beberapa navigasi yang menurut saya perlu kita buat di blog kita, Saya akan jelaskan satu persatu menu navigasi apa saja yang harus kita buat di blog kita.

Daftar Menu Navigasi Apa Saja Yang Harus Ada di Blog

#1. Navigasi Home

Hal pertama yang harus selalu ada adalah menu HOME. Kenapa? Sebagai pengunjung blog, terkadang yang saya lakukan adalah melihat beranda suatu blog dan sesekali melihat artikel yang berada di berandanya, juga sekaligus melihat tampilan dari blog tersebut.

Pentingnya Navigasi Blog Dan Navigasi yang Diperlukan Bagi Sebuah Blog

Navigasi Home ini seperti halnya tombol “kembali” ketika kita sudah selesai membaca artikel yang di blog tersebut. Terkadang ada juga yang tidak memberi navigasi home di menu navigasinya, karena untuk kembali ke beranda depan suatu blog, kita cukup dengan klik pada header blog.

#2. Navigasi About Us / Tentang Kami

Navigasi About ini berupa informasi tentang penulis, atau bisa saja kita menambahkan coretan-coretan tentang apa saja artikel dalam blog yang kita tulis. Ataupun kalian bisa menceritakan alasan kenapa kalian membuat sebuah blog.

Kalian juga bisa menambahkan informasi seperti kontak email ataupun account media social yang kalian miliki. Tujuannya agar sebagaian orang yang ingin mengenal kita lebih jauh atau untuk membuat kesepakatan kerja sama bisa menghubungi kita melalui informasi tersebut.

Tapi ada juga yang memisahkan navigasi kontak dan about us secara terpisah, seperti di blog saya ini. Meskipun begitu, saya tetap memasukkan informasi kontak yang bisa dihubungi di navigasi atau halaman About us.

#3. Navigasi Sitemap


Pentingnya Navigasi Blog Dan Navigasi yang Diperlukan Bagi Sebuah Blog


Sitemap atau kalau di alih bahasakan menjadi peta situs. Sitemap ini semacam daftar isi kalau merujuk sebuah buku, fungsinya juga sama dengan daftar isi yang mana menunjukkan judul artikel apa saja yang ada di dalam blog tersebut.

Dengan adanya Sitemap akan mempermudah para pengunjung, pengunjung tak perlu repot-repot untuk mengunjungi atau scroll kebawah hanya untuk menelusuri halaman yang diinginkan. Karena dengan adanya sitemap, pengunjung bisa mengetahui semua artikel blog ini hanya dengan mengunjungi satu halaman saja.

Halaman Sitemap juga sangat diperlukan sebagai syarat sebuah blog biar terlihat lebih SEO Friendly. Kebanyakan blog terkenal dan profesional juga akan menerapkan halaman Sitemap ini dalam navigasi di blognya.

#4. Navigasi Kebijakan Privasi Dan Disclaimer 

Navigasi Privacy Policy / Kebijakan Privasi adalah Halaman yang menjelaskan kepada pembaca tentang kebijakan yang dibuat oleh pemilik blog untuk memaparkan kepada pembaca agar mengetahui Ketentuan dan Kebijakan yang telah dibuat.

Dalam suatu blog, sangat di sarankan untuk membuat halaman Privacy Policy ini, karena dengan adanya halaman Privacy Policy ini memberikan bukti tentang siapa pemilik blog tersebut. Untuk membuatnya sangat mudah, kalian bisa membuat Privacy policy ini mengunakan Privacy policy generator.

Sama halnya dengan Navigasi Privacy policy, Halaman Disclaimer juga merupakan navigasi yang penting sebagai persyaratan mendaftarkan ke google adsense. Kegunaan Disclaimer semacam halaman peringatan kepada pengunjung bahwa artikel didalam blog ini merupakan tulisan dari author dan segala bentuk kerugian yang terjadi pada pembaca setelah membaca artikel ini, bukan tanggung jawab penulis.

Jadi intinya Disclaimer ini digunakan sebagai pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab penulis yang dipindahkan ke pembaca sebagai pemakai atau pelaku. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, dan penulis hanya berlaku sebagai nara sumber atau pemberi informasi saja.

#5. Navigasi Berupa Kategori Unggulan

Dan terakhir adalah Navigasi kategori konten. Sebenarnya ini tidak harus dibuat, tapi bagi saya, dengan menambahkan navigasi kategori ini membuat blog semakin lengkap dan menarik. Dan sepertinya blog profesional semacam web berita online juga memberikan navigasi kategori konten semacam detik.com, kapanlagi.com dan lain sebagainya.

Begitu juga disaat kita download tamplate blog, biasanya juga akan ada navigasi kategori yang dibuat menjadi sub-sub kategori yang diberi efek menu drop-down yang membuat blog semakin menarik dan cantik.

Kalau menurut saya, navigasi ini wajib! Karena bagi saya kegunaan navigasi bertujuan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan pada pengunjung.

***

Jadi membuat navigasi blog itu penting, selain untuk kemudahan bagi pengunjung, juga agar terlihat profesional dan disukai oleh google. Kalau kalian, navigasi apa saja yang kalian buat di blog kalian? Yuk share di kolom komentar ^_^


Author:

Hai, Saya Dewi Nadzifah, seorang momblogger dan Lifestyleblogger. Saya seorang Ibu dari 2 orang anak. Saya suka membaca, menulis puisi, serta menulis artikel di blog (Peridiri.com dan Dnadzifah.com). Ingin bertanya dan bekerjasama bisa hubungi saya di diarydiri@gmail.com

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

 
Copyright ©2016 Dewi Nadzifah Blog • Design by BTDesigner